Home » , » Air di Gurun Pasir | Lakukan di Tempat Terbuka

Air di Gurun Pasir | Lakukan di Tempat Terbuka

Minggu, 24 Februari 2013

Selamat Malam, malam hari ini saya akan share lagi eksperimen sederhana yang "mungkin" akan cocok bagi para JEJAK PETUALANG :), kenapa? karena eksperimen kali ini saya akan mengajarkan bagaimana mencari air di tempat gurun yang kering, penasaran?? lihat alat dan bahannya dibawah ini !!!








Alat dan Bahan:
  • 1 stoples selai
  • Plastik transparan
  • Beberapa batu besar
  • Sekop

Langkah-Langkah:
  1. Galilah sebuah lubang yang dalam di tanah atau pasir, di tempat yang terkena sinar matahari.
  2. Letakkan stoples di lubang tersebut.
  3. Bentangkan plastik di atas lubang dan letakkan beberapa batu di sisinya sebagai pemberat, lalu tutup rapat-rapat bagian keliling luarnya dengan tanah.
  4. Letakkan batu kecil di tengah bentangan plastik sehingga sedikit membentuk cekungan.

Apa yang Terjadi?
Jika sinar matahari menyinari lapisan plastik, setelah beberapa jam, pada bagian dalam plastik, akan terbentuk tetesan air yang mengalir dan menetes ke dalam stoples.

Mengapa Demikian?
Rupanya tanah yang kering dapat mengadung air. Sinar matahari memanasi Bumi melalui lapisan plastik. Air yang dikandung tanah menguap dan mengendap pada bagian dalam plastik.     


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu