Home » , » Jam Matahari

Jam Matahari

Minggu, 17 Februari 2013

Selamat Pagi, di pagi yang cerah ini saya akan bagi-bagi eksperimen sederhana lagi nih, yang judulnya Jam Matahari, hah jam matahari?. Yap betul sekali, Jam Mahahari (menurut Wikipedia) adalah sebuah perangkat yang menunjukkan waktu berdasarkan letak matahari. Bagimana sih cara kerjanya?, jam Matahari yang paling umum dikenal memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar yang ditandai dengan jam-jam dalam suatu hari. Seiring dengan perubahan pada posisi Matahari, waktu yang ditunjukkan oleh bayangan tersebut pun turut berubah. Nah, Begitulah cara kerja Jam Matahari, ada yang mau mencoba membuatnya ? cekidot



Alat dan Bahan:
  • Karton
  • Gunting
  • Jangka
  • Paku
  • Pensil
  • Tongkat kecil sepanjang 25 cm
  • Sebuah jam 

Langkah-Langkah:
  1. Buatlah sebuah lingkaran dengan diameter 20 cm pada karton menggunakan jangka, lalu guntinglah hingga membentuk lingkaran. Lubangi bagian tengahnya menggunakan paku.
  2. Masukkan tongkat melalui lubang dan pergilah ke kebun.
  3. Tancapkan tongkat ke dalam tanah yang terkena pancaran sinar Matahari. Usahakan karton tadi ada pada posisi datar.
  4. Tandai bayangan tongkat setiap jam menunjukan tepat waktu tertentu, lalu tulislah waktunya, misalnya pukul 12:00.

Apa yang Terjadi?
Posisi bayangan berubah seiring dengan perubahan waktu. Setiap jam, bayangan itu berada pada posisi tertentu. Posisi bayangan yang kamu tandai dengan pensil akan membentuk radial di sekeliling tongkat. 



Mengapa Demikian?
Bumi berputar mengelilingi Matahari dengan kecepatan yang konstan. Oleh karena itu, Matahari tampak bergerak dan posisinya berubah. Pada siang hari, Matahari berada tinggi di atas langit, sedangkan pada malam hari dan pagi hari, Matahari berada pada posisi rendah. Saat posisi Matahari berubah, bentuk dan posisi bayangan berubah pula. Pada pagi hari bayangan berada di sebelah barat, bentuknya panjang dan langsing. Pada siang hari bayangan itu pendek. Di belahan Bumi sebelah utara bayangan itu mengarah ke utara, sedangkan di belahan Bumi sebelah selatan bayangan itu mengarah ke selatan. Pada sore hari, bayangan condong ke sebelah timur



More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu