Home » , » Tunas Kentang | Perlu Waktu Lama

Tunas Kentang | Perlu Waktu Lama

Sabtu, 29 Desember 2012

Hari ini tepat tanggal 29 Desember 2012 (dua hari sebelum akhir tahun) saya akan berbagi eksperimen sederhana lagi dengan judul Tunas Kentang, pasti sobat pengunjung bertanya-tanyakan apa sih tujuan eksperimen ini? Yap, eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan tunas kentang yang diletakkan di tempat gelap dan tunas kentang yang diletakkan di tempat terang (yang terkena sinar matahari), bagaimana  mudah bukan? kalau begitu kita lihat apa saja alat dan bahannya. :)




Alat dan Bahan:

  • 2 buah kentang yang sudah layu
  • sebuah mangkuk berisi air
  • 2 piring ceper
  • Tisu makan
  • Semprotan air
Langkah-Langkah:
  1. Rendamlah kentang di dalam mangkuk berisi air selama beberapa jam.
  2. Letakkan selembar tisu makan pada setiap piring dan semprotlah tisu makan tersebut menggunakan semprotan air.
  3. Letakkan sebuah kentang pada masing-masing piring.
  4. Letakkan sebuah piring di tempat yang terkena sinar matahari, sedangkan piring yang lain di tempat yang gelap, misalnya gudang.
Apa yang Terjadi?
Kira-kira tiga hari kemudian akan tumbuh tunas pada kedua kentang. Tunas kentang yang diletakkan di tempat gelap tampak lebih panjang, kurus, dan tidak berwarna. Sedangkan, kentang yang diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari tunasnya lebih pendek, segar, berwarna hijau dan terdapat daun pada tunasnya. Hal yang sama juga akan terjadi pada kentang yang kamu simpan terlalu lama di dalam kotak. Tetapi, jangan khawatir, memang kentang itu tampak tidak segar, namun jika belum busuk, kamu tetap dapat memasaknya.

Mengapa Demikian?
Tunas kentang yang berada di tempat gelap tumbuh lebih panjang karena dia mencari sinar matahari. Sinar matahari sangat diperlukan oleh zat hijau daun atau klorofil untuk proses fotosintesis agar tumbuhan dapat menghasilkan makanan.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:
Tanaman tidak hanya berkembang biak seksual (melalui penyerbukan, pembuahan, dan pembibitan). Beberapa tanaman juga berkembang biak dengan rhizoma (bertunas). Itu artinya, tanaman tumbuh dengan tunas di atas permukaan tanah. Pada dua buah bonggol tanaman arbei akan tumbuh akar dan kemudian akan tumbuh tunas baru pada akar tersebut. Tunas bawang dan umbi-umbian berada di dalam tanah dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Kentang juga berkembang biak dengan umbi yang mengandung satu atau beberapa mata tunas. Dari mata inilah akan tumbuh tanaman baru.


More .......

2 komentar :

Arief Maulana mengatakan...

nice artikel sob,,
Kunjungan baliknya yah

Kuroro Lucifer mengatakan...

Thanks gan :)
Sip :)

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu