Home » , » Menjadi Arang

Menjadi Arang

Selasa, 28 Mei 2013

Selamat Sore :), setelah tadi saya posting artikel eksperimen berjudul "Kertas Ajaib", kali ini saya akan share artikel eksperimen yang berjudul "Menjadi Arang" eksperimen kali ini kita akan belajar membuat kertas lakmus, Apa sih Kertas Lamus? Kertas Lamus (menurut Wikipedia) adalah suatu kertas dari bahan kimia yang akan berubah warna jika dicelupkan kedalam larutan asam atau basa. Warna yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kadar pH dalam larutan yang ada. Penasaran bagaimana membuat kertas lakmus buatanmu sendiri? Simak di bawah ini !



Alat dan Bahan:

  • Segelas kubis merah
  • Tisu makan
  • Stoples dengan mulut lebar
  • Piring
  • Saringan

Langkah-Langkah:
  1. Saring air perasan kubis merah ke dalam stoples.
  2. Guntinglah tisu makan selebar ± 5 cm.
  3. Masukkan tisu makan ke dalam tabung berisi sari kubis merah dan biarkan selama beberapa menit.
  4. Keluarkan tisu, bentangkan di atas piring dan biarkan mengering.

Kertas Lakmus buatan pabrik

Apa yang Terjadi?
Tisu makan akan menyerap sari kubis dan dapat dipakai sebagai indikator zat asam basa atau disebut juga indikator pH. Artinya, dengan menggunakan kertas tersebut, kamu dapat mengetahui apakah sebuah larutan bersifat asam atau basa. Bahan yang dapat berubah warna karena pengaruh asam dan basa disebut indikator.

Mengapa Demikian?
Kubis merah mengadung bahan yang dapat berubah warna akibat pengaruh asam dan basa. Oleh karena itu, kubis merah dapat digunakan sebagai indikator pH.

Skala pH
Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:
Nilai pH ditentukan oleh konsentrasi ion-ion hidrogen dalam sebuah larutan. Skala pH mencapai 0 sampai 14. Bahan netral memiliki nilai pH 7. Zat asam bernilai di bawah 7, sedangkan basa mempunyai pH di atas 7.


Sumber: Buku 90 Eksperimen 3, Tiga Serangkai



More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu