Home » , » Jam Bandul | Dibutuhkan Latihan dan Kesabaran

Jam Bandul | Dibutuhkan Latihan dan Kesabaran

Rabu, 29 Mei 2013

Selamat Pagi :), kali ini saya akan post eksperimen sederhana lagi nih yang berjudul Jam Bandul, eksperimen kali ini kita hanya disuruh memperhatikan sebuah mur yang diikat ke sebuah tali lalu di goyangkan. Gimana?, gampangkan? :) okelah langsung saja kita lihat alat dan bahannya dibawah ini!






Alat dan Bahan:
  • 4 utas tali dengan panjang yang berbeda-beda (25 cm, 50 cm, 97,5 cm, dan 120 cm)
  • 1 mur
  • 1 cantolan di langit-langit rumah 
  • Satu jam dengan jarum jamnya (atau stopwatch)
  • Kertas
  • Pensil

Langkah-Langkah:
  1. Ikatlah mur pada ujung tali panjang yang berukuran 120 cm, sementara ujung yang lainnya dikaitkan pada cantolan yang tertempel di langit-langit.
  2. Tariklah tali sehingga nantinya tali akan berayun bolak-balik dalam waktu 60 detik.
  3. Ulangilah langkah no. 1-2 dengan menggunakan seutas tali lain yang lebih pendek.

Cara kerja bandul

Apa yang Terjadi?
Kalian akan mengetahui bahwa hanya mur yang tergantung pada tali yang berukuran sepanjang 97,5 cm sajalah yang berayun 60 kali dalam waktu 60 detik.

Mengapa Demikian?
Makin panjang bandul, makin jauh pula bandul berayun. Hal tersebut tidak bergantung pada berat dan jarak ayunan bandul. Jika tali terpanjang 97,5 cm diayun kian kemari selama 60 kali setiap menitnya, maka setiap ayunannya memerlukan waktu satu detik.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:
Bandul berarti berat yang tergantung pada seutas benang, tongkat, ataupun kawat yang terayun kian kemari. Perhitungan waktu sebuah bandul dimulai pada saat pertama kali bandul tersebut berayun. Waktu yang diperlukan dipengaruhi oleh panjang tali, sedangkan berat kepala bandul tidak ada pengaruhnya. Ayunan yang jauh memerlukan waktu yang sama dengan ayunan yang pendek.


Sumber: Buku 90 Eksperimen 4, Tiga Serangkai


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu