Home » , » Apakah logam itu?

Apakah logam itu?

Jumat, 31 Mei 2013


Pada umumnya logam berbentuk padat ( kecuali logam raksa yang berbentuk cair ), berkilap, keras, bersifat konduktor panas dan listrik yang baik, serta dapat ditempa. Logam tersusun oleh atom-atomnya yang terikat satu sama lain dengan ikatan logam. Adanya ikatan logam ini menyebabkan elektron dapat bergerak bebas keseluruh tempat dalam strukturnya, sehingga bila terkena cahaya logam dapat berkilap.
    Logam banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk murninya atau dalam bentuk campurannya dengan logam atau bahan lain.
    Warna logam berbeda-beda tergantung karakter fisiknya. Kadang-kadang untuk memperoleh warna yang menarik ( misalnya perhiasan ), beberapa logam dicampurkan dapat membentuk aloi.

Apa sajakah yang termasuk logam?

Besi (Fe)
Besi adalah logam yang paling banyak ditemukan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Besi sangat mudah berkarat. Untuk memperbaiki kekuatannya, besi dicampurkan dengan bahan lain seperti karbon dan logam lain. Pabrik besi dan baja terdapat di Cilegon propinsi Banten.

Salah satu cara memperbaiki permukaan besi yang karat antara lain melapisinya dengan cat

nikel (Ni)
Merupakan logam yang melimpah di alam. Nikel digunakan sebagai pelapis anti karat dan korosi pada besi. Logam yang dilapisi nikel disebut pernikel. Biasa digunakan untuk melapisi bagian dasar kapal laut, untuk memperbaiki kekuatan dan kekerasannya, nikel dicampur dengan logam lain yaitu aluminium dan kobalt yang dikenal dengan nama alnico. Suroako di Sulawesi adalah tempat penambangan nikel dan pembuatan campuran logam alnico.



tembaga (Cu)
Di indonesia, Papua merupakan penghasil tembaga. Tembaga adalah konduktor yang baik, sehingga kabel-kabel listrik terbuat dari jenis logam ini.




aluminium (Al)
Logam ringan berwarna putih, mudah ditempa, ringan, keras, dan merupakan konduktor yang baik dan tahan terhadap karat. Daerah penghasil aluminium adalah Pulau Bintan, yang ditambang dalam bentuk bahan dasar bauksit. Aluminium sangat baik untuk pembuatan badan pesawat terbang karena sangant ringan. Selain, itu, aluminium digunakan sebagai bahan dasar pembuatan peralatan memasak seperti panci, sendok, dan ketel.


perak (ag) dan emas (au)
Emas dan perak disebut logam mata uang, sebab sejak dulu digunakan sebagai bahan pembuat uang logam.
Sampai sekarang logam ini merupakan logam yang sangat berharga, sehingga dijadikan berbagai macam perhiasan.

Emas murni biasanya berbentuk batangan


kalsium (Ca)
Kalsium adalah logam berwarna putih, mudah larut. Kalsium di alam terdapat pada susu, tulang dan lapisan bumi. Kalsium digunakan antara lain untuk membuat baja bernilai tinggi dan pada produksi uranium.









Sumber: Belajar Sains Melalui Fenomena Di Sekitar Kita, PT Unggul Permana Selaras


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu