Home » , » Tahukah Kamu? Otak terdiri dari beberapa bagian

Tahukah Kamu? Otak terdiri dari beberapa bagian

Sabtu, 08 Juni 2013

bagian otak
     Otak merupakan pusat pengontrol segala kegiatan tubuh manusia. Dengan otak kita bisa berpikir, merasakan sesuatu, mengingat, bicara, mendengar, melihat, dan membanyangkan.
     Otak tersimpan dan terlindungi di dalam kepala dengan ditutupi oleh tulang tengkorak yang sangat keras. Berat rata-rata otak manusia sekitar 2% dari berat tubuh atau sekitar 1,5 kg.
     Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian depan, tengah, dan belakang. Masing-masing bagian mempunyai fungsi yang berbeda.


macam-macam bagian otak
Bagian-bagian otak

     Otak bagian depan membuat kita berpikir. Otak bagian tengah membuat kita bisa bergerak, berbicara, dan merasakan. Dedangkan otak bagian belakang membuat kita bisa memahami apa yang kita lihat.
     Otak dan bagian tubuh berkomunikasi melalui saraf. Beberapa saraf membawa pesan dari otak ke tubuh. Sedangkan saraf yang lain membawa pesan dari tubuh kembali ke otak.
     Gerak juga dipengaruhi oleh saraf. Pernahkan kamu mendengar gerak refleks ( tak sadar ) dan gerak sadar? Itu semua digerakkan oleh saraf.


Sumber: Buku Mari Belajar Sains Untuk Anak, Ipa Abong
   


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu