Home » , » Proyek Pembuatan Tanah

Proyek Pembuatan Tanah

Selasa, 04 Juni 2013

Selamat Pagi :), Sobat 90 eksperimen pernah gak sih meneliti tanah disekitar rumah? eksperimen kali ini kita akan meneliti tanah, misalnya bagaimana struktur tanah terbentuk, terbuat dari jenis batuan apa struktur tanah tersebut, dll. Seru bukan? kalau begitu kita lihat alat dan bahannya berikut !






Alat dan Bahan:
  • Sekop
  • 2 kantong plastik
  • Tanah yang diambil dari dua tempat yang berbeda, misalnya dari hutan dan sawah
  • Kertas koran
  • Kaca pembesar 

Langkah-Langkah:
  1. Galilah tanah di dua tempat yang berbada dan masukkan masing-masing ke dalam sebuah kantong plastik.
  2. Tumpahkan tanah yang telah kamu ambil ke atas koran dan bandingkan struktur keduanya.

Apa yang Terjadi?
Kedua jenis tanah yang kamu jadikan sebagai bahan eksperimen itu memiliki partikel-partikel, dari yang besarnya hanya beberapa milimeter hingga lebih, dan kamu dapat menghancurkannya dengan jarimu. Jika kamu amati baik-baik, kamu akan menemukan akar-akar tanaman, bagian tanaman yang sudah rusak, batu, pasir kasar, dan pasir halus. Binatang-binatang kecil seperti cacing dan serangga, juga hidup di tanah. Selain itu, pada partikel tanah yang padat terdapat rongga yang berisi udara atau air. Pasti sangat menyenangkan jika kamu sudah dapat membedakan kedua jenis tanah tersebut.



Mengapa Demikian?
Struktur tanah ditentukan oleh jenis batu-batu bawah tanah, cuaca, jenis tanaman yang dapat tumbuh di sana, dan juga kegunaan tanah.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:
Tanah adalah lapisan terluar dari kerak Bumi. Tanah mengandung bahan mineral dan organik, udara, air, serta makhluk hidup. Bahan organik adalah bahan yang merupakan senyawa karbon atau disebut juga humus. Humus berasal dari pelapukan daun, organ tanaman, sampah, serta sisa produksi dari hewan dan mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, yang hidup di tanah. Sifat tanah ditentukan oleh susunan dan struktur unsur serta pengaruhnya terrhadap tanah. Sifat tanah pada setiap tanah tidaklah sama dan dapat berubah karena pengaruh sinar matahari, hujan, atau angin. Perbedaan jenis tanah juga dapat disebabkan oleh perbedaan jenis tanaman dan hewan yang hidup di sana atau jenis tanaman yang ditanam manusia. Tanaman akan sulit tumbuh di lereng gunung yang sangat tinggi dan terjal dengan suhu yang sangat dingin karena di sana tidak terdapat tanah.


Lanjut Baca:

Sumber: Buku 90 Eksperimen 3, Tiga Serangkai


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu