Home » , » Roket | Perhatian! Perlu Bantuan Orang Dewasa

Roket | Perhatian! Perlu Bantuan Orang Dewasa

Selasa, 21 Mei 2013

halo sobat 90 eksperimen :), sudah lama saya tidak posting di blog 90 eksperimen. Okeh langsung saja, kali ini saya akan posting bagaimana cara membuat roket :) tapi tenang yang kita buat kali ini bukan roket yang seperti gambar di bawah kok, roket yang kali ini kita buat hanya menggunakan cuka dan soda kue, penasaran ? simak yuk ^_^






Alat dan Bahan:
  • Botol plastik dengan kapasitas 2 liter beserta tutupnya
  • 1/2 cangkir cuka
  • Tisu
  • 2 sendok makan soda kue

Langkah-Langkah:
  1. Tuangkan cuka ke dalam botol.
  2. Letakkan soda kue di atas tisu dan bungkus dengan baik hingga dapat pas masuk ke dalam leher botol. Lalu, masukkan ke dalam botol.
  3. Pasang tutup botol, namun jangan terlalu erat (jangan mengarahkan botol kepada siapapun! Sebaiknya, kegiatan ini dilakukan di luar ruangan). Tunggulah beberapa saat.



Apa yang Terjadi?
Tutup botol akan meloncat keluar

Mengapa Demikian?
Ketika cairan cuka perlahan merembes pada kertas tisu, reaksi soda kue dengan cuka menghasilkan gas karbon dioksida. Jika gas yang terbentuk terus bertambah, tekanan di dalam botol meningkat hingga cukup kuat untuk mendorong tutup botol meloncat keluar.


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu