Home » , » Gunung Api Bawah Air

Gunung Api Bawah Air

Selasa, 12 Maret 2013

Selamat Pagi, di pagi yang cerah ini saya akan share lagi eksperimen yang tentunya gampang di praktekan di rumah. Gunung Api Bawah Air, yap judul itu yang akan saya share kali ini. Apa sih tujuan dari eksperimen ini ? eksperimen ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana sih cara kerja Gunung berapi yang berada di bawah laut, penasaran?





Alat dan Bahan:
  • 1 panci yang diisi penuh air dingin
  • 1 botol beling kecil
  • Air panas
  • Beberapa butir kelereng
  • Cat air atau tinta
  • 1 kuas

Langkah-Langkah:
  1. Isi botol dengan air panas sampai 3/4.
  2. Masukkan beberapa kelereng ke dalam botol tersebut.
  3. Teteskan cat air atau tinta ke dalam air panas di dalam botol menggunakan kuas.
  4. Masukkan botol dengan cepat ke dalam air dingin di dalam panci sehingga seluruh permukaan botol berada di dalam air.


Apa yang Terjadi?
Air panas yang telah diberi warna sebelumnya akan mengalir keluar dari botol menuju permukaan air dingin, seperti aliran lava dari sebuah gunung berapi. Jika air yang berwarna tadi menjadi dingin, tinta pun akan mengendap ke dasar panci.

Mengapa Demikian?
Molekul-molekul akan bergerak dengan sangat cepat pada air panas. Molekul-moleku tersebut bergerak ke sana kemari dan memuai. Jika air memuai, kerapatannya akan berkurang karena massa memerlukan tempat yang lebih sedikit. Karena pemuaian tersebut, air panas menjadi naik ke permukaan dan sebaliknya, air dingin justru akan mengendap.


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu