Home » , » Es yang Meleleh

Es yang Meleleh

Sabtu, 21 Juli 2012

Selamat sore :), di tengah menunggu bedug maghrib (tadinya mao buka sampe zuhur, wkwkwkwk) saya akan sedikit memposting artikel eksperimen sederhana yang bisa dicoba ketika buka puasa nanti lho. hehehehe. Penasaran?, eits tapi jangan nyesel ya klo udah tau klo eksperimennya begini doang, namanya juga eksperimen sederhana, yang pastinya bahan-bahannya juga sederhana, ya gak? hehehehe. udah gk sabar ya?, yaudah deh kita langsung aja ke TKP.                                                          
Alat dan Bahan:
  • 1 gelas yang diisi air hingga penuh
  • Potongan es batu berbentuk kotak
Langkah-Langkah:
Masukkan potongan es batu secukupnya ke dalam gelas yang telah diisi air.

Apa yang Terjadi?
Es batu akan terapung di atas permukaan air. Dan, jika es batu meleleh, air tidak akan luber.

Mengapa Demikian?
Berat es lebih ringan daripada air sehingga tidak akan tenggelam. Sekali pun es telah meleleh, tinggi air akan hampir sama karena volume air yang sudah menjadi es lebih besar daripada dalam keadaan cair.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:Kerapatan air akan menjadi lebih besar jika dibekukan. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang alamiah karena semua materi mengerut pada saat didinginkan. Jika air dengan suhu 4 derajat C terus didinginkan hingga suhu 0 derajat C, air akan makin memuai. Artinya, kerapatannya akan berkurang dan volumenya makin besar.
Jika air didinginkan sampai suhu 0 derajat C, air akan membeku menjadi es. Pemuaian terus berlangsung. Es mempunyai kerapatan yang lebih kecil dan volumenya lebih besar daripada air.

Sumber: 90 eksperimen I 


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu