Home » , » Sulap Lilin

Sulap Lilin

Jumat, 23 Maret 2012

Alat dan Bahan:
  • 2 mangkuk kecil dengan dinding rendah
  • 1 gelas
  • 1 batang lilin (berukuran lebih pendek daripada gelas)
  • Air
  • Korek api
  • Pemantik
Langkah-Langkah:
  1. Letakkan lilin diatas mangkuk.
  2. Isilah mangkuk tersebut dengan air.
  3. Nyalakan lilin.
  4. Tutuplah lilin dengan gelas.
Apa yang akan terjadi?
Lilin akan padam dan air tersedot dari mangkuk kedalam gelas.

Mengapa Demikian?
Lilin membutuhkan oksigen agar dapat menyala. Jika oksigen habis didalam gelas, api lilin akan padam. Sekarang, udara yang tersisa di dalam gelas menjadi lebih sedikit dan memberikan tempat untuk air yang berada disekitar gelas.

Jika Kamu Ingin Tahu Lebih Jauh:Pembakaran adalah sebuah reaksi yang memerlukan oksigen, bahan bakar bereaksi dengan oksigen dari udara dan mengeluarkan panas. Dahulu orang percaya, bahwa zat berbentuk gas akan terurai pada saat reaksi pembakaran. Pembakaran berlangsung akibat massa yang berkurang. Sekarang terbukti bahwa pembakaran terjadi karena adanya penambahan massa. Semua pembakaran reaksi redoks (reduksi-oksidasi), pada reaksi redoks terjadi suatu oksidasi (pelepasan elektron) dan suatu reduksi (penerimaan elektron) secara bersamaan. Lilin terbuat dari parafin atau alkana yang tersusun oleh atom karbon dan hidrogen. Saat pembakaran batang lilin, 2 molekul alkana dengan 55 molekul oksigen, menghasilkan 38 molekul air dan 36 molekul karbondioksida. Proses oksidasi tidak hanya terjadi pada nyala api lilin saja, melainkan juga pada reaksi yang berlangsung lambat, seperti pengaratan besi, proses fermentasi, saat mengambil nafas, juga pada metabolisme makhluk hidup. Di dalam tubuh kita, karbohidrat dioksidasi hingga menjadi karbon dioksida, air, dan energi. Energi itu berguna bagi tubuh untuk melakukan pekerjaan berat atau untuk proses pertumbuhan.


More .......

0 komentar :

Posting Komentar

Ayo !!! Jadilah pengunjung sekaligus pembaca yang aktif dengan cara kirim komentar berupa kritik dan saran sobat 90 eksperimen di kotak komentar di bawah ini. Kritik dan saran sobat 90 Eksperimen sangat berharga sekali bagi saya untuk meningkatkan kualitas konten di blog ini.
Terimakasih :)

 
 
 

Apakah Kalian Tahu?

Biografi Para Penemu